HARIANMEMOKEPRI.COM — Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menggelar Rapat Kerja (Raker) Komwil I selama tiga hari sejak tanggal 13 hingga 15 Juni 2023 di Marriot Hotel Harbour Bay Kota Batam, Rabu (14/2023).

Raker Komwil 1 APEKSI ini diikuti 24 kota yang bersasar dari lima provinsi, di antaranya Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tersebut dibuka langsung oleh Presiden Jokowi.Dalam Raker itu dibuka melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) secara virtual oleh Presiden Jokowi dan bersama sejumlah pejabat negara lainnya.

Dalam arahannya Presiden Jokowi mengatakan Indonesia akan memasuki Indonesia Emas atau bonus demografi pada tahun 2045 mendatang. Untuk mencapai itu, banyak tantangan yang harus dihadapi bersama. Presiden Jokowi mendorong agar anggaran pemerintah baik itu Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dapat dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat.