Scroll untuk baca artikel
Tanjungpinang

Imigrasi Tanjungpinang Sosialisasikan Pelayanan Keimigrasian Bagi Anak Berkewarganegaraan Ganda

62
×

Imigrasi Tanjungpinang Sosialisasikan Pelayanan Keimigrasian Bagi Anak Berkewarganegaraan Ganda

Sebarkan artikel ini
Kabid Hukum divisi Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Kepri saat berikan penjelasan tentang Pelayanan Keimigrasian, Selasa (27/2/2024)

HARIANMEMOKEPRI.COM — Imigrasi Tanjungpinang memberikan sosialisasi Pelayanan Keimigrasian bagi ABG (anak berkewarganegaraan ganda terbatas) dan pelayanan elektronik paspor, Selasa (27/2/2024).

Pada sosialisasi itu diisi oleh narasumber dari pihak Imigrasi Tanjungpinang, Disdukcapil Tanjungpinang dan Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepri.

Hot Silitonga selaku Kabid Hukum divisi Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Kepri mengatakan hak kewarganegaraan termasuk salah satu hak konstitusional

Yang dijamin oleh konstitusi negara sebagaimana disebutkan dalam pasal 28D UU RI tahun 1945 menyebutkan setiap orang berhak atas status kewarganegaraan.

“Tercantum dalam pasal 26 ayat 1 UU Nomor 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia setiap orang berhak memiliki, memperoleh,mengganti atau mempertahankan status kewarganegaraannya,” jelas Hot Silitonga di Kantor Imigrasi Tanjungpinang.

Ia mengatakan untuk itu terkait layanan kewarganegaraan saat ini bisa di akses secara elektronik melalui laman kewarganegaraan.ahu.go.id.

Dalam layanan berbasis online tersebut terdapat enam pasal yang mengatur tentang kewarganegaraan.

Pasal 6 : permohonan penyampaian pernyataan memilih kewarganegaraan Republik Indonesia bagi anak anak berkewarganegaraan ganda.

Pasal 23 : permohonan surat keterangan kehilangan kewarganegaraan Republik Indonesia terdiri dari atas kemauan sendiri bagi orang yang belum atau telah memperoleh kewarganegaraan asing

Pasal 26 ayat 3 dan 4 : tetap menjadi warga negara Indonesia

Pasal 23 huruf c : permohonan kehilangan kewarganegaraan Republik Indonesia atas permohonan sendiri kepada Presiden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *