Wisata

Kalamai Makanan Adat Tradisional Khas Urang Awak Pada Setiap Pesta Pernikahan

59
×

Kalamai Makanan Adat Tradisional Khas Urang Awak Pada Setiap Pesta Pernikahan

Sebarkan artikel ini
Kalamai makanan adat tradisional khas dari Sumatera Barat

HARIANMEMOMEPRI.COM — Setiap daerah memiliki ciri khas makanan tradisional masing-masing, bahkan makanan tradisional tersebut hanya ada pada setiap acara tertentu saja.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Salah satunya di Sumatera Barat, makanan tradisional yang paling dikenal adalah Rendang, Keripik Sanjai, Keripik Angka 8 dan masih banyak lainnya.

BACA JUGA  Danau Singkarak Sumatra Barat Penuh Misteri, Mitosnya Jika Hari Raya Ada Hal Gaib, Ini Kisahnya

Selain makanan tradisional di atas yang ada di Sumatera Barat, ada satu makanan tradisional mungkin banyak belum diketahui, tapi makanan tradisional ini wajib ada setiap pesta pernikahan adat bagi orang Minang.

Baca Juga: Pembukaan STQH Kelurahan Sambau, Rombongan PPAI Ikut Meramaikan Pawai Budaya

Makanan tradisional tersebut dinamakan Kalamai atau galamai pada daerah lain disebut dodol. Bahan pembuatan Kalamai ini adalah campuran tepung ketan dengan beras biasa, santan kelapa, gula pasir untuk pulut ketan hitam atau gula saka (gula tebu) untuk pulut ketan biasa.

BACA JUGA  Sejarah Singkat Tentang Nama Suku di Sumatera Barat, Berikut Penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wisata

Taman Alun-Alun Kapuas merupakan bagian dari proyek ‘Waterfront City’ Pemerintah Kota Pontianak. Di sini terdapat air mancur yang indah dan replika Tugu Khatulistiwa yang menjadi kebanggaan masyarakat Provinsi Kalimantan Barat. Akses yang mudah ke taman ini, berlokasi di jantung Kota Pontianak, membuatnya lebih mudah dijangkau oleh pengunjung.

Wisata

Salah satu highlight dari museum ini adalah batu siput berbobot 1 ton, yang ditemukan di Koto Kampar, menjadi salah satu koleksi utamanya. Selain itu, terdapat juga berbagai miniatur seperti miniatur rumah melayu Dapur Bubung Panjang, dan miniatur Candi Muara Takus, Istana Siak, dan lainnya yang menggambarkan kekayaan budaya dan sejarah Provinsi Riau.

Wisata

Kecamatan Tambelan memiliki 7 Desa yaitu Desa Batu Lepuk,Desa Kampung Melayu, Desa Kampung Hilir,Desa Kukup,Desa Pulau Pinang,Desa Mentebung, Desa Pengikik. Kelurahan Tambelan Bernama Teluk Sekuni, untuk menyambangi desa tersebut dapat ditempuh melalui jalur darat dan laut.