Wisata

Pulau Tambelan Permata Terpencil Dengan Pesona Alam Memukau

37
×

Pulau Tambelan Permata Terpencil Dengan Pesona Alam Memukau

Sebarkan artikel ini
Pesona Alam Pulau Tambelan Senin (08/07/2024) Foto: Melayupedia.com

HARIANMEMOKEPRI.COM— Tambelan merupakan salah satu Kecamatan terluar di Kabupaten Bintan Provinsi Kepri memiliki pesona alam yang indah dari daerah lainnya. Pulau Tambelan berada di perairan Laut China Selatan berdekatan dengan Kalimantan Barat dan Kabupaten Natuna.

Sebelumnya Tambelan lebih dikenal dengan sebutan Pulau Sabda. Nama itu tercatat dalam sejarah sekitar tahun 1623 M ketika rombongan Sultan Johor VII, Sultan Abdullah Muayat Syah tiba. Pulau Tambelan mulai dipanggil ‘Tambelan’ saat perang Riau terjadi di tahun 1782 sampai 1784.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kecamatan Tambelan memiliki 7 Desa yaitu Desa Batu Lepuk,Desa Kampung Melayu, Desa Kampung Hilir,Desa Kukup,Desa Pulau Pinang,Desa Mentebung, Desa Pengikik. Kelurahan Tambelan Bernama Teluk Sekuni, untuk menyambangi desa tersebut dapat ditempuh melalui jalur darat dan laut.

Pada Tahun 2020, Pemerintah mewacanakan pengoperasian bandara di Tambelan, mengingat selama ini jarak yang ditempuh masyarakat melalaui jalur laut hampir 20 Jam dari pelabuhan Kijang. Maka dari itu apabila melalui udara akan mempersingkat waktu perjalanan.

BACA JUGA  Pulau Ranoh Destinasi Wisata Terbaik Bagi Kaum Milenial Cek Info Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *