Kepulauan Riau

Jendral TNI Agus Subiyanto Dianugerahi Gelar Datok Seri Satria Bijaya Negara Dari LAM Kepri

74
×

Jendral TNI Agus Subiyanto Dianugerahi Gelar Datok Seri Satria Bijaya Negara Dari LAM Kepri

Sebarkan artikel ini
Penganugerahan Gelar Datok Seri Satria Bijaya Negara Kepada Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subyanto, Selasa (28/5/2024)

HARIANMEMOKEPRI.COM — Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima gelar Datok Seri Satria Bijaya Negara dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (28/5/2024).

Penganugerahan ini berlangsung di Gedung Daerah Tanjungpinang yang dihadiri seluruh Forkopimda dan pengurus LAM se-Provinsi Kepri.

Kehadiran Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto disambut dengan prosesi pencak silat, tarian tradisional, dan beras kunyit.

Penganugerahan Gelar Datok Seri Satria Bijaya Negara ini berdasarkan usulan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, dan disetujui oleh Ketua Umum LAM Provinsi Kepri, Datok Seri Setia Utama H. Abdul Razak AB.

Sekretaris Umum LAM Provinsi Kepri, Datok Wira Setia Laksana H. Raja Alhafiz, menyebutkan bahwa gelar yang diberikan bersifat melekat selamanya.

Adapun makna kosakata dari gelar Datok Seri Satria Bijaya Negara adalah:

1. Seri
Merupakan sebuah perkataan dari bahasa Sanskerta yang telah dimelayukan menjadi bahasa Melayu tinggi di Kerajaan Riau-Lingga. Seri sendiri memiliki makna Cahaya Kemuliaan. Kata Seri juga merupakan awalan kehormatan dalam sebuah gelar.

2. Satria
Merupakan sebuah perkataan dalam bahasa tinggi yang maknanya adalah pejuang yang gagah berani dan seorang prajurit yang mempertahankan kehormatan negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *