Scroll untuk baca artikel
Religi

Hari Ini Kementerian Agama RI Gelar Sidang Isbat dan Rukyatul Hilal Pada 124 Titik Lokasi di Indonesia

9
×

Hari Ini Kementerian Agama RI Gelar Sidang Isbat dan Rukyatul Hilal Pada 124 Titik Lokasi di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Penentuan hilal dalam menetapkan awal Bulan Ramadhan setiap tahunnya

HARIANMEMOKEPRI.COM — Kementrian Agama Republik Indonesia melalui Dirjen Bimas Islam akan menggelar sidang isbat 1 Ramadhan 1444 H pada hari ini, Rabu (22/2023). 

Sedangkan sidang isbat 1 Ramadhan 1444 H sendiri yang dilaksanakan secara luring di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama ini akan didahului dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Baca Juga: Sambut Suka Cita Kehadiran Bulan Suci Ramadhan, Komplek Perumahan Taman Cipta Asri Gelar Pawai Ta’aruf

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Kamaruddin Amin menjelaskan, sidang isbat 1 Ramadhan 1444 H mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pelatihan Rukyatul Hilal. 

Secara hisab, semua sistem pembaruan bahwa ijtimak menjelang Ramadhan jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023 atau bertepatan dengan 29 Sya’ban 1444 H sekitar pukul 00.23 WIB. 

Kamaruddin Amin menambahkan secara hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat 1 Ramadhan 1444 H, sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). 

Baca Juga: Seorang Pemuda diringkus Polisi Akibat Menghamili Anak Bawah Umur Hingga 8 Bulan

“Pada hari rukyat, 29 Syakban 1444 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 6 derajat 46,2 menit sampai dengan 8 derajat 43,2 menit, dengan sudut elongasi antara 7,93 derajat sampai dengan 9, 54 derajat,” jelas Kamaruddin Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *