Nasional

Arus Mudik Idul Fitri Diperkirakan Meningkat, Cuti Bersama Dipercepat Serta THR Lebih Awal Dibayarkan

35
×

Arus Mudik Idul Fitri Diperkirakan Meningkat, Cuti Bersama Dipercepat Serta THR Lebih Awal Dibayarkan

Sebarkan artikel ini
Suasana mudik di dalam Kapal Roro dari Batam menuju Sei Selari Pakning Bengkalis

HARIANMEMOKEPRI.COM — Bulan Suci Ramadhan saat ini sudah memasuki hari ke 7, namun beberapa waktu lalu Pemerintah pusat telah melakukan Rapat terbatas persiapan arus mudik lebaran Idul Fitri tahun 2023. Rapat terbatas tersebut langsung dipimpin Presiden Jokowi pada tanggal 24 Maret 2023 di Istana Negara 

Usai pelaksanaan Rapat terbatas persiapan arus mudik lebaran itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa akan terjadi kenaikan pemudik dari 85 juta orang menjadi 123 juta orang pada lebaran Idul Fitri tahun ini.

“Untuk di Jabodetabek dari 14 juta menjadi 18 juta. Artinya terjadi kenaikan 47 persen untuk nasional dan 27 persen untuk Jabodetabek,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca Juga: Lomba Semarak Produk Unggulan Lingga, Para Pemenang Diberikan Piala, Sertifikat dan Uang Tunai

Berdasarkan data tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan bahwa pemerintah memutuskan untuk menambah cuti bersama mulai dari tanggal 19 April 2023. 

Langkah tersebut diambil pemerintah untuk mengakomodasi waktu bagi para pemudik dan mencegah terjadinya penumpukan di jalur-jalur mudik.

“Kami tadi bersama-sama Kapolri mengusulkan liburnya maju 2 hari. Jadi mulai tanggal 19 sudah libur, 20 sudah libur, tapi masuknya 26. Jadi tambah 1 hari tapi di depan maju 2 hari,” ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi itu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *