HMK, TANJUNGPINANG — Siapa sangka penampilan kesenian daerah dalam memperingati hari jadi Kota Tanjungpinang ke 239 pada tahun ini, salah seorang warga negara Inggris hadir langsung menyaksikan pertunjukan tersebut di Lapangan Pamedan Jl. Ahmad Yani, Sabtu (07/2023) siang.

Di tengah-tengah penonton yang menyaksikan, Nick mahasiswa penelitian antropologi dari London Inggris ini antusias melihat berbagai pertunjukan dari kesenian berbagai daerah yang ada di Kota Tanjungpinang.

Nick mengatakan dirinya merasa sangat senang dan bersyukur bisa langsung menyaksikan langsung pertujukan budaya di lapangan Pamedan kemarin. Di Tanjungpinang rupanya banyak suku etnis yang tampilkan.

“Yang sangat menyenangkan suku suku itu semuanya dilakoni pada acara itu. Hanya ada melakoni budaya tuan rumah yaitu budaya Melayu meskipun sangat bagus sekali terutama tari zapin yang sedikit campur dengan bumbu silat lebih menghibur itu sangat keren sekali dan sangat di sukai seluruh penonton tapi ada juga hal lain yang belum saya saksikan di Jawa salah satunya Reog dan kuda kepang,” jelasnya.

Menurut Nick pertunjukan Kuda Kepang sangat unik dan menarik dimana dirinya melihat secara beberapa penonton yang mengalami kesurupan selain terdapat juga tarian dari NTT .

“Kalau kuda kepang saya sudah pernah mendengar tapi belum sempat menyaksikan langsung apalagi menyaksikan seperti kayak ada penonton yang kesurupan itu merupakan pengalaman yang baru bagi saya dan itu sangat unik dan ada juga tarian di dalamnya tidak kesurupan tarian dari NTT itu sangat menyenangkan ada juga kesenian rakyat siapapun bisa ikut menikmati tariannya sehingga penonton bisa di ajak masuk dalam tariannya itu sangat penting kebersamaan apalagi dalam suasana ulang tahun Kota Tanjungpinang,” pungkasnya.