HARIANMEMOKEPRI.COM– Sering mendengar bahwa mandi malam dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Kebiasaan ini memang cukup sering menjadi perbincangan di sosial media.

Banyak yang mengatakan mandi malam akan menyebabkan badan semakin pegal, rematik, dan mengancam kesehatan tulang kita di masa depan. Bahkan, ada yang berpendapat bahwa mandi malam akan mengundang makhluk tak kasat mata.

1. Menyebabkan Asam Urat, Faktanya
Banyak masyarakat kita yang mengatakan bahwa mandi malam dapat menjadi penyebab penyakit asam urat. Namun, faktanya, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan klaim tersebut. Penyakit nyeri sendi ini umumnya disebabkan oleh tumpukan kristal asam urat pada sendi.

Faktor penyebabnya pun beragam, seperti makanan tinggi purin, minuman beralkohol, dan obesitas. Hingga kini, belum ada bukti bahwa mandi malam dapat menyebabkan munculnya nyeri sendi asam urat.

2. Menyebabkan Penuaan Dini, Faktanya
Kerutan, kekeringan kulit, dan bintik-bintik penuaan sering dianggap sebagai gejala penuaan dini yang disebabkan oleh mandi malam. Namun, gejala penuaan dini dapat diakibatkan oleh banyak faktor.