Scroll untuk baca artikel
Religi

PCNU Kota Batam Bersama Seluruh Banom Menggelar Ziarah Kubur Jelang Bulan Ramadhan

16
×

PCNU Kota Batam Bersama Seluruh Banom Menggelar Ziarah Kubur Jelang Bulan Ramadhan

Sebarkan artikel ini
Pengurus PCNU Kota Batam beserta seluruh Banomnya menggelar ziarah ke Maqam para ulama dan Masyayikh

HARIANMEMOKEPRI.COM — PCNU Kota Batam beserta seluruh Banomnya menggelar ziarah Akbar di maqam para ulama dan Masyayikh yang ada di Kota Batam, Minggu (19/2023).

Kegiatan ziarah akbar yang dilakukan oleh PCNU Kota Batam ini merupakan tradisi menjelang bulan Ramadhan (akhir Sya’ban). Sebagaimana keterangan Rasulullah saw dalam Sunan Turmudzi No 973 dan dikuatkan di dalam “Hadits dari Buraidah ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda 

“Saya pernah melarang berziarah kubur. Tapi sekarang Muhammad telah diberi izin untuk berziarah ke makam ibunya. Maka sekarang berziarah lah, karena hal itu dapat mengingatkan kamu kepada akhirat”

Baca Juga: Berita Terkini Raffi Ahmad Video Call Cewek Lain diduga Mimi Bayuh Ketika Liburan Bareng Keluarga di Jepang

Ketua PCNU Kota Batam Dr.H.Muhamad Zaenudin mengatakan istilah tradisi ini sebagai bentuk kecintaannya selaku warga NU yang ada di Kota Batam terhadap para ulama dan Masyayikh yang sudah banyak berjasa kepada masyarakat Kota Batam dalam mengajarkan dan mendidik sehingga bisa memahami ilmu-ilmu agama.

“Bagi sebagian orang hal ini menjadi semacam kewajiban yang bila ditinggalkan serasa ada yang kurang dalam melangkahkan kaki menyongsong puasa Ramadhan,” ungkap ketua PCNU Kota Batam.

Sementara itu Ustad Imam Sofyan Santun mengungkapkan memang pada masa awal-awal Islam, Rasulullah Saw memang pernah melarang umat Islam berziarah kubur mengingat kondisi keimanan mereka pada saat itu yang masih lemah, Serta kondisi sosiologis masyarakat arab masa itu yang pola pikirnya masih didominasi dengan kemusyrikan dan kepercayaan kepada para dewa dan sesembahan. 

Baca Juga: Wisata Pantai Indah Tangga 2000 Gorontalo Miliki keindahan Sendiri Cek Info Selengkapnya

“Sebagaimana Rasulullah saw mengkhawatirkan terjadinya kesalahpahaman ketika mereka mengunjungi kubur baik dalam berperilaku maupun dalam berdo’a. Oleh karena itu dibenarkan berziarah kubur orang tua dan juga ke makam orang shalih dan para wali, Selama ziarah itu dapat mengingatkan kita kepada akhirat.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *