Opini

Peran Penting Manusia Dalam Menjaga Ekosistem Terutama Perairan

37
×

Peran Penting Manusia Dalam Menjaga Ekosistem Terutama Perairan

Sebarkan artikel ini
Alia Ilmu kelautan dan perikanan (UMRAH) Jurusan Budidaya Perairan

HARIANMEMOKEPRI.COM — Ekosistem adalah sistem ekologi yang terbentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Manusia memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan Ekosistem ini. 

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ekosistem darat perlu dijaga agar tercapai target-target seperti tata kelola tambang, konservasi dan konservasi hayati, serta daur hidup dan memanfaatkan nilai ekonomi hayati.

Ekosistem dapat berupa pemaksaan terhadap masalah lingkungan seperti penebangan liar dan polusi, atau apresiasi terhadap upaya menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga: Sertijab Danguskamla Koarmada I, Dari Laksma TNI Isswarto Kepada Kolonel Laut Tony Hardijanto

1. Ekosistem Lamu

Ekosistem padang lamun ( lamun ) merupakan salah satu Ekosistem penting di Kawasan pesisir, selain terumbu karang dan bakau (mangrove). Padang lamun memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan berperan sebagai habitat yang baik bagi beragam flora dan fauna. 

BACA JUGA  Resolusi Generasi Millenial di Era Digital, Sosial dan Budaya

Ekosistem padang lamun juga memiliki peran yang sangat penting baik secara ekologi maupun biologi di kawasan pesisir dan muara. Meskipun demikian, potensi padang lamun masih kurang diperhatikan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk memelihara Ekosistem padang lamun agar tetap terjaga keberadaannya dan dapat memberikan manfaat bagi kehidupan di sekitarnya.

2. Ekosistem Rawa

Ekosistem rawa adalah salah satu jenis ekosistem yang terdapat di Indonesia. Menurut,ekosistem rawa garam terdapat di muara,sedangkan menurut,ekosistem rawa dapat bersifat alami atau buatan. 

Baca Juga: Opini : Ekosistem Perairan yang Berdampak Banyak Bagi Mahkluk Hidup

Ekosistem rawa gambut juga menjadi perhatian terutama dalam pengelolaan hutan rakyat. Namun, tidak ditemukan opini yang spesifik mengenai Ekosistem rawa dalam hasil pencarian ini. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa opini mengenai ekosistem rawa masih terbuka dan dapat menjadi topik diskusi yang menarik.

BACA JUGA  Opini : Ekosistem Perairan yang Berdampak Banyak Bagi Mahkluk Hidup

3. Ekosistem Laut Dalam

Ekosistem laut dalam adalah salah satu jenis ekosistem yang terdapat di laut. Menurut, ekosistem laut memiliki peran penting dalam menyerap polutan karena biota laut mampu menyerap karbon dengan baik. Namun, tidak ditemukan opini yang spesifik mengenai ekosistem laut dalam hasil pencarian ini. 

Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa opini mengenai ekosistem laut dalam masih terbuka dan dapat menjadi topik diskusi yang menarik. Namun perlu diingat bahwa menjaga Ekosistem laut secara keseluruhan sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan keberlangsungan hidup manusia di masa depan.

BACA JUGA  Ekosistem Dengan Makhluk Hidup Terdapat Hubungan Timbal Balik Yang Saling Pengaruh

Baca Juga: Setiap Pagi, Polantas Mengatur Arus Lalin Disaat Jam Masuk Sekolah

4. Ekosistem Waduk

Ekosistem waduk adalah salah satu jenis ekosistem perairan yang terdapat di Indonesia. Namun , tidak ditemukan pendapat yang spesifik mengenai ekosistem waduk dalam hasil pencarian ini . Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa opini mengenai Ekosistem waduk masih terbuka dan dapat menjadi topik diskusi yang menarik. 

Namun perlu diingat bahwa menjaga ekosistem perairan secara keseluruhan sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan keberlangsungan hidup manusia di masa depan. Selain itu, pengelolaan ekosistem sungai juga menjadi perhatian, terutama dalam menjaga kualitas air dan keberlangsungan hidup makhluk hidup di dalamnya.

5. Ekosistem Muara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *