Kesehatan

Ternyata Wanita Lebih Rentan Stres Ketimbang Pria, Berikut Penjelasannya

52
×

Ternyata Wanita Lebih Rentan Stres Ketimbang Pria, Berikut Penjelasannya

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Seorang Wanita mengalami Stres

HARIANMEMOKEPRI.COM — Wanita ternyata memiliki resiko pemicu stres lebih tinggi ketimbang pria. Mengapa demikian? Ini beberapa penyebabnya yang harus kamu ketahui.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Mengapa Wanita lebih rentan resiko pemicu Stres?

Ada beberapa aspek yang bisa menjelaskan lebih jauh wanita lebih sering mengalami perubahan emosional ketimbang pria, yaitu:

Baca Juga: Jangan Asal Modifikasi Spakbor Karena Bisa Jadi Bahaya Bagi Pengendara Lain, Ini Alasannya

BACA JUGA  Berikut 11 Jenis Obat Kuat Bagi Pria Berpasangan Agar Berstamina di Ranjang, Simak Penjelasannya

1. Hormon

Salah satu resiko pemicu stres pada wanita adalah kondisi Perubahan Hormon. Wanita memiliki level hormon yang perubahannya lebih fluktiatif daripada pria. Pada pria, satu siklus hormon adalah 24 jam.

Di sisi lain, siklus hormon wanita adalah 28 hari dan terdiri dari beberapa fase yang berbeda. Fase menstrusi yang terjadi pada awal siklus dapat memengaruhi mood secara signifikan.

BACA JUGA  Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin K

Perubahan Hormon pada tubuh wanita juga berhubungan dengan gejala depresi. Waktu-waktu tertentu saat mengalami Perubahan Hormon drastis seperti setelah melahirkan dan setelah menopause membawa risiko lebih tinggi untuk stres dan Depresi.

Baca Juga: Disbudpar Tanjungpinang Lakukan Aksi Bersih-bersih di Objek Wisata Pulau Penyengat

2. Genetik 

Selain gaya hidup, genetik juga bisa berdampak pada cara seseorang mengatasi stres.

Gen tertentu dapat menimbulkan risiko masalah kejiwaan yang lebih tinggi. Contohnya, seseorang yang memiliki riwayat depresi turun temurun akan 2-3 kali lebih berisiko mengidap Depresi.

BACA JUGA  Berat badan yang meningkat saat menstruasi apakah hal biasa? Berikut Penjelasannya

Terlebih dari itu, wanita juga memiliki kondisi genetik yang lebih rentan depresi daripada pria. Hal ini yang menyebabkan seorang wanita cenderung lebih mudah mengalami stres. 

3. Hubungan personal

Penurunan kondisi mental lebih mudah menyerang wanita ketika sedang mengalami banyak gejolak dalam hubungan personal, seperti pekerjaan, percintaan, dan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan

Untuk mendiagnosis kanker paru, beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah rontgen dada untuk melihat keadaan yang tidak normal, CT scan untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail, sitologi dahak untuk mendeteksi sel-sel kanker dalam dahak, dan biopsi yang dilakukan melalui bronkoskopi untuk memperoleh sampel jaringan yang dicurigai.

Kesehatan

Menurut laporan dari Cleveland Clinic, tidak ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ginjal kronis, namun ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk menjaga agar ginjal tetap berfungsi dalam jangka waktu yang lebih lama. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan ketika fungsi ginjal menurun: