HMK, TANJUNGPINANG — Menjelang hari jadi Kota Tanjungpinang ke 239 yang jatuh pada tanggal 6 Januari 2023 mendatang, Pemko Tanjungpinang mengadakan berbagai macam kegiatan untuk menyemarakkan hari jadi Kota Tanjungpinang tersebut.

Tema yang diusung pada tahun ini yaitu “Bangkit Bersama Mewujudkan Masyarakat Berbudaya dan Ekonomi Cerdas”. Adapun berbagai rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-239 Kota Tanjungpinang, sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Tanjungpinang nomor: 003.3/1.1.01/2022 adalah sebagai berikut :

Diawali pada Kamis (5/2023) dengan agenda ziarah ke makam Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah di Kampung Melayu Kelurahan Melayu Kota Piring. Dilanjutkan, ke makam Daeng Marewa dan Daeng Celak di Kelurahan Kampung Bugis. Kemudian, ke Pulau Penyengat ziarah ke makam Raja Haji Fisabilillah, Engku Putri Raja Hamidah, dan Raja Ali Haji.

Selanjutnya Jumat (6/2023) diawali dengan upacara bersama seluruh ASN pemko Tanjungpinang di halaman kantor wali kota Tanjungpinang. Dilanjutkan, dengan pemberian bantuan peralatan berupa mesin jahit, mesin obras, dan mesin kopi satu paket kepada pelaku usaha kedai kopi/cafe di gedung Wanita Tun Fatimah PKK Kota Tanjungpinang.

Pada hari yang sama upacara hari jadi Kota Tanjungpinang, dilanjutkan dengan pemberian bantuan usaha, penyerahan bantuan untuk 1.000 kaum dhuafa, setelah itu ada peresmian Masjid Quran center Nur Ar Rahmah.

Sorenya, pembukaan stan bazar dan diisi dengan kesenian dari 24 paguyuban, besoknya 7 Januari, ada senam bersama, penampilan hadrah dan ditutup dengan hiburan.

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Zulhidayat mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama menyemarakkan Hari Jadi Kota Tanjungpinang yang ke-239 tahun 2023

“Mari sama-sama kita meriahkan. Karena ini adalah pesta rakyat, bukan pestanya pemko. Kami persembahkan hiburan untuk masyarakat kota Tanjungpinang sebagai rasa syukur kita sudah sampai ke 239,” kata Sekda Zulhidayat, Senin (2/2023).

Untuk hari Jumat (6/2023) dan Sabtu (7/2023), mulai pukul 8.00 WIB s/d. 22.30 WIB dilaksanakan beragam pertunjukan dan penampilan tarian-tarian dan kesenian daerah di lapangan Pamedan Ahmad Yani. Kemudian, tausiyah agama yang disejalankan dengan peresmian Masjid Nur Ar Rahmah di Syahrul Quran Center.

Sedangkan hari Sabtu (7/2023) pukul 06.00 WIB, dilaksanakan senam bersama ASN pemko Tanjungpinang dan ketua RT/RW se- kota Tanjungpinang, di lapangan Pamedan Ahmad Yani.
Seluruh pegawai pemerintah, instansi vertikal, lembaga pemerintah, pelajar negeri dan swasta di Kota Tanjungpinang diimbau berpakaian baju kurung Melayu lengkap pada hari kerja mulai 2 Januari hingga 6 Januari 2023.

Selain itu, setiap kantor, instansi pemerintah dan swasta, perbankan, hotel, pasar, swalayan, dan toko agar memasang baliho, spanduk, bunga manggar dan umbul-umbul sesuai tema Hari Jadi ke 239 Kota Tanjungpinang.

Informasi terkait logo dan desain spanduk peringatan Hari Jadi ke 239 Kota Tanjungpinang dapat diunduh di https://s.id/HariJadiTPI239.