Wisata

Pulau Basing Tak Berpenghuni, Namun Banyak Kisah Sejarah

47
×

Pulau Basing Tak Berpenghuni, Namun Banyak Kisah Sejarah

Sebarkan artikel ini
Pulau Basing tampak dari ujung Dompak pada sore hari

HARIANMEMOKEPRI.COM — Pulau Basing, siapa yang tidak mengenal dengan pulau ini yang letaknya berada di wilayah Dompak Jln Tanjung Siambang Kecamatan Bukit Bestari Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (25/2023).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Pulau Basing merupakan sebuah pulau yang tidak berpenghuni sama sekali dan banyak situs-situs sejarah terdapat di Pulau Basing tersebut.

BACA JUGA  Celoteh Budak Sebauk Hibur Masyarakat Melalui Teater Pentas Seni

Untuk bisa menuju ke Pulau Basing, para pelancong harus menyeberang dari Tanjung Siambang menggunakan kapal kayu dengan waktu tempuh lebih kurang 5 hingga 10 menit.

Di rangkum laman resmi Dinas Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau dan bersumber dari Buku Penulisan Sejarah Pulau Basing (1808-1912) menjelaskan sejak tahun 2011 banyak beredar pendapat yang menyebutkan bahwa Pulau Basing memiliki situs peninggalan sejarah yang diyakini sebagai Benteng.

BACA JUGA  Cek Fakta 3 Kegiatan di Kota Tua Jakarta yang Kaya akan Sejarah

Baca Juga: Pemerintah Kota Tanjungpinang Bantu Mengurus Sertifikat Halal Bagi Ratusan Jenis Usaha

Asumsi ini diperkuat dengan adanya plang bertuliskan Kawasan sejarah dan Cagar Budaya Benteng Pulau Basing oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang. Terkait situs Benteng Pulau Basing ini, pendapat yang beredar pada masyarakat diantaranya

Sebagai situs benteng peninggalan Portugis. Namun pendapat ini terbantahkan karena keberadaan benteng ini ada pada abad 19. Benteng itu ada di zaman Belanda. Sebagai benteng pertahanan Belanda untuk mengawasi Pelayaran.

BACA JUGA  Siswa-Siswi SDN 012 Tanjungpinang Timur di kenalkan dengan Sejarah dan Budaya Lokal, Seperti Makam Daeng Celak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wisata

Kecamatan Tambelan memiliki 7 Desa yaitu Desa Batu Lepuk,Desa Kampung Melayu, Desa Kampung Hilir,Desa Kukup,Desa Pulau Pinang,Desa Mentebung, Desa Pengikik. Kelurahan Tambelan Bernama Teluk Sekuni, untuk menyambangi desa tersebut dapat ditempuh melalui jalur darat dan laut.