Nasional

Tanjungpinang Terima Penghargaan Adipura 2023 Dari KLHK Dengan Kategori Sedang

138
×

Tanjungpinang Terima Penghargaan Adipura 2023 Dari KLHK Dengan Kategori Sedang

Sebarkan artikel ini
Hasan menerima Penghargaan Adipura Tahun 2023 dari KLHK di Jakarta, Selasa (5/3/2024)

HARIANMEMOKEPRI.COM — Kota Tanjungpinang mendapatkan penghargaan Adipura tahun 2023 dengan kategori sedang.

Penghargaan Adipura tersebut diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada Pj Walikota Tanjungpinang Hasan di gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Selasa (5/3/2024).

Selain Kota Tanjungpinang, KLHK juga memberikan penghargaan yang sama kepada Kabupaten dan Kota yang dinilai berhasil mengelola kebersihan di daerahnya.

Penghargaan Adipura diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Kabupaten/Kota dengan kinerja baik dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau, dalam bentuk Anugerah Adipura Kencana, Anugerah Adipura, Sertifikat Adipura, dan Plakat Adipura.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengharapkan, penghargaan Adipura menjadi representasi kesungguhan dalam mengatasi persoalan lingkungan, persoalan sampah dan ruang terbuka hijau.

“Semoga dengan penghargaan ini yang merupakan bentuk apresiasi menjadi memicu semangat mengatasi persoalan sampah di masing-masing wilayah,” ucap Ma’ruf Amin.

Sementara itu Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar menambahkan, pemberian penghargaan Adipura 2023 dilakukan berdasarkan hasil pemantauan fisik kota, penilaian kinerja pengelolaah sampah dan ruang terbuka hijau (RTH)

Penilaian kondisi operasional dari TPA, serta melihat inovasi yang dilakukan daerah dalam mewujudkan kota bersih, teduh dan berkelanjutan.
Adipura merupakan penghargaan Kota yang berhasil dalam kebersihan, serta pengelolaan lingkungan perkotaan

“Dengan tujuan kepemimpinan dan komitmen Pemerintah Kota/Kabupaten serta membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk berperan menyelaraskan pembangunan ekonomi hijau, fungsi sosial dan fungsi ekonomi pembangunan dengan menerapkan prinsip tata pemerintah yang baik bagi kota berkelanjutan,” kata Siti.

Usai menerima Penghargaan Adipura, Pj Walikota Tanjungpinang Hasan menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan Kota Tanjungpinang meraih anugerah Adipura kategori kota sedang bersama 106 Kabupaten/Kota lainnya.

“Anugerah adipura ini sebagai penghargaan dari Presiden Republik Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup terhadap Kabupaten dan Kota yang dianggap mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik,” jelasnya.

Hasan mengatakan, bersama jajaran Perangkat Daerah akan terus berkomitmen untuk menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaannya.

Dengan anugerah Adipura ini, lanjut Hasan akan menjadi penyemangat dan motavasi untuk terus berbuat dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Maka atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, Komunitas Lingkungan, Proklim, Bank Sampah, RT/RW, dan perangkat daerah yang terus mendukung dalam menciptakan lingkungan bersih di Kota Tanjungpinang,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *