HARIANMEMOKEPRI.COM — Pesugihan bisa diartikan rangkaian ritual yang dipercaya bisa memperoleh kekayaan secara instan atau melalui jalan pintas dan biasanya dengan bantuan makhluk ghoib.

Kepercayaan mengenai pesugihan ini tidak terlepas dari masyarakat yang gemar akan hal-hal supranatural. Selain itu, keinginan untuk memperoleh kekayaan secara instan tanpa perlu bekerja keras membuat kepercayaan terhadap praktik ini kian berkembang.

Saat melakukan ritual pesugihan, pelaku pesugihan biasanya membuat perjanjian dengan makhluk gaib. Dalam melakukan perjanjian, tumbal atau mahar tertentu harus dipersembahkan kepada makhluk gaib sebagai pengganti atau barter untuk kekayaan yang diperoleh. 

Baca Juga: Cerita Mistis Penghuni Gunung Ranai Natuna Kepulauan Riau Beri Pinjam Barang ke Warga Sekitar, Cek Faktanya

Banyak cerita dan kisah yang beredar di masyarakat mengenai warung-warung yang mengambil jalur instan pesugihan untuk membuat barang dagangannya laris.

Kejadian tersebut memang sudah menjadi rahasia umum dikalangan masyarakat sebagaimana dikutip harianmemokepri.com di kanal youtube Nadia Omara pada 16 Februari 2023.