HARIANMEMOKEPRI.COM — Dalam beberapa hari kedepan warga Tionghoa akan merayakan tahun baru Imlek. Pesta Imlek sendiri jatuh pada tanggal 21 Januari setiap tahunnya, Jumat (20/2023).

Untuk merayakan perayaan Imlek, seluruh kegiatan dilakukan salah satunya yakni bazar Imlek dihiasi pernak-pernik khas Imlek dan pada bazar Imlek dipenuhi kuliner malam hari, souvenir dan sebagainya.

Namun asal usul Imlek menurut penjelasan dari channel YouTube/Smart One mengisahkan seekor binatang bernama Nian yang gemar makan berbagai hal baik yang beterbangan maupun yang ada di tanah.

Baca Juga: DPR RI Sedang Menelaah Terbitnya Perppu Ciptaker

Setiap harinya selera makan binatang ini selalu silih berganti, namun manusia jaman dulu ketakutan kapan Nian memakan manusia. Hasil perhitungan itu 365 hari Nian makan manusia pada malam hari dan kembali pada pagi hari saat ayam berkokok hari tersebut bernama Guan Sha yang artinya gerbang kesialan atau dalam istilah ujian hambatan.

Masyarakat pada saat itu mencari cara agar bisa lolos. Kemudian masyarakat memasak lebih siang dari sebelumnya semua binatang peliharaan di ikat dan pintu, jendela rumah tertutup rapat, membersihkan, mematikan kompor hingga lampu penerangan.