Misteri

Beberapa Pendapat Mengenai Hilangnya Kerajaan Majapahit

97
×

Beberapa Pendapat Mengenai Hilangnya Kerajaan Majapahit

Sebarkan artikel ini
Misteri Hilangnya Kerajaan Majapahit

MISTERI (HMK) — Majapahit merupakan kerajaan yang berpusat di Jawa Timur, Indonesia.

Majapahit dianggap sebagai imperial (kerajaan) terbesar yang pernah berdiri di tanah nusantara.

Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya pada tahun 1293.

Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Hayam Wuruk dan Patih Gajah Muda pada tahun 1350  

Pada masa kepemimpinan Prabu Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada wilayah kekuasaan majapahit konon mencapai Tomasik atau Singapura, Melayu atau Malaysia dan Siam atau Thailand.

Baca Juga: Misteri Air Terjun Madakaripura

Nama Majapahit didasarkan pada nama buah maja yang memiliki rasa pahit dan banyak ditemukan diwilayah Trowulan.

Majapahit adalah adikuasa yang pernah ada di Asia Tenggara. Dalam kitab Negarakertagama gubahan Empu Prapanca disebutkan bahwa bangunan keraton Majapahit dikelilingi tembok bata tebal dan tinggi berwarna merah.

Kemegahan ini juga terlihat di dalam kompleks keraton, yang menjadi tempat kediaman raja, peribadatan, kediaman para pejabat pemerintahan, dan rumah bagi para abdi dalem kerajaan.

Selain itu, ada juga pendopo tempat pertemuan raja dengan para bawahannya serta bangunan yang dikhususkan bagi pujangga kerajaan.

Baca Juga: Misteri Ranu Kumbolo, Danau yang Dijuluki sebagai Surganya Semeru

Lebih lanjut, Empu Prapanca menggambarkan bahwa keraton Majapahit seperti istana di negeri kayangan karena keindahannya. Bangunan kerajaan ini bertingkat-tingkat dengan tying kuat, dan dipenuhi dengan berbagai ukiran indah, serta berwarna-warni.

Di dalam kompleks keraton juga terdapat taman yang begitu luas dan indah dipenuhi oleh Bunga Tanjung, Cempaka, Kesara, Wungu, dan aneka bunga lainnya.

Bahkan Ma Huan, sekretaris Laksamana Cheng Ho secara lebih detail menjelaskan bahwa Majapahit memiliki keraton yang besar, megah, dan mewah. Lantainya dari kayu dengan ditutupi anyaman tikar tetumbuhan.

Baca Juga: Misteri Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat, Pasukan Jin hingga Kehadiran Wanita Misterius

Bahkan disebutkan tembok dan tangga keraton Majapahit pada saat itu dilapisi dengan emas yang menunjukkan bahwa kerajaan Majapahit berlimpah harta.

Di Manakah Keraton Majapahit?

Para arkeolog sepakat bahwa keraton Majapahit terletak di ibukota kerajaannya. Adapun untuk lokasi ibukota Majapahit, terdapat dua pendapat yang hampir seluruh arkeolog menyetujuinya.

Pendapat ini mengatakan jika ibukota Majapahit terletak di Trowulan. Bukan tanpa alasan, pemilihan Trowulan sebagai perkiraan lokasi ibukota Majapahit didukung oleh berbagai penemuan peninggalan Majapahit.

Baca Juga: Danau Pengantin, Misteri Munculnya Buaya Putih hingga Siluman Ular

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *