Kesehatan

Sering Alami Sakit Pinggang Sebelah Kanan?, Berikut ini Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

48
×

Sering Alami Sakit Pinggang Sebelah Kanan?, Berikut ini Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
masalah sakit pinggang sebelah kanan yang dialami saat bangun tidur

HARIANMEMOKEPRI.COM — Pernahkah anda mengalami gejala sakit pinggang sebelah kanan? terutama saat bangun tidur, ini merupakan keluhan yang sering terjadi secara umum.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kondisi sakit pinggang sebelah kanan ini membuat kita mengalami rasa nyeri sehingga menyebabkan terganggu aktivitas sehari-hari. Namun sakit pinggang sebelah kanan bisa sembuh dengan sendirinya, bahkan sakit pinggang sebelah kanan juga banyak yang menyepelekan walaupun penyakit ringan.

Berikut ini penyebab sakit pinggang sebelah kanan

1. Penyempitan Tulang Belakang
Sakit pinggang sebelah kanan bisa muncul sebagai tanda penyempitan tulang belakang. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa hal, tapi umumnya disebabkan oleh radang sendi.

BACA JUGA  Mengenal XBB.1.5 Subvarian Omicron

Baca Juga: Dengarkan Keluhan Masyarakat, Satresnarkoba Polresta Tanjungpinang Gelar Jumat Curhat

Resiko peradangan pada sendi disebut berkaitan dengan pertambahan usia. Biasanya, sakit pinggang sebelah kanan akibat penyempitan tulang belakang akan terasa semakin buruk saat beraktivitas dan mereda saat tubuh diistirahatkan.

2. Cedera
Cedera juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Kondisi ini biasanya terjadi pada tulang belakang, termasuk bagian bantalan tulang.

BACA JUGA  Gejala Panic Attack dan Faktor Penyebabnya

Saat bagian ini mengalami cedera, biasanya akan terjadi penekanan saraf yang ada di sekitar dan hal itu yang menyebabkan munculnya rasa sakit. Biasanya, nyeri akan semakin terasa saat mengangkat beban berat atau berlebih.

Baca Juga: Melalui Zakat Profesi ASN, Walikota Tanjungpinang Serahkan Bantuan Sembako Dari Baznas

3. Masalah pada Otot
Otot yang ada pada punggung juga bisa mengalami gangguan. Nah, masalah pada otot tersebut bisa menjadi pemicu munculnya sakit pinggang sebelah kanan.

Area ini juga bisa mengalami cedera dan kekakuan otot. Kondisi ini bisa memicu gejala berupa kram pada otot atau kedutan otot. Biasanya, gejala akan muncul secara mendadak atau sulit dikendalikan.

BACA JUGA  Kehadiran Ambulance Gratis Garda Tani Peduli Kemanusiaan Provinsi Kepri Mampu Berikan Bantuan Kesehatan

4.Gangguan Ginjal
Gangguan pada ginjal sebelah kanan bisa menjadi penyebab seseorang mengalami sakit pinggang. Tentu saja, sakit pinggang sebelah kanan terdapat sejumlah gangguan ginjal yang bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan, termasuk batu ginjal atau infeksi ginjal.

Baca Juga: DPRD Kota Batam Gelar Rapat Paripurna Dengan Agenda Jawaban Pandangan Umum Ranperda Oleh Pemko Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan

Untuk mendiagnosis kanker paru, beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah rontgen dada untuk melihat keadaan yang tidak normal, CT scan untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail, sitologi dahak untuk mendeteksi sel-sel kanker dalam dahak, dan biopsi yang dilakukan melalui bronkoskopi untuk memperoleh sampel jaringan yang dicurigai.

Kesehatan

Menurut laporan dari Cleveland Clinic, tidak ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ginjal kronis, namun ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk menjaga agar ginjal tetap berfungsi dalam jangka waktu yang lebih lama. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan ketika fungsi ginjal menurun: