Kesehatan

Sejarah Ambulance Zaman Dulu Dengan Sekarang, Banyak Orang Belum Mengetahui, Berikut Kisahnya

64
×

Sejarah Ambulance Zaman Dulu Dengan Sekarang, Banyak Orang Belum Mengetahui, Berikut Kisahnya

Sebarkan artikel ini
Perbedaan Ambulance saat dengan zaman dulu

HARIANMEMOKEPRI.COM — Awal mula Ambulance rupanya memiliki kisah penting hingga saat ini, dimana kendaraan Ambulance digunakan untuk mengangkut orang sakit maupun yang sudah meninggal dunia.

Awal mulanya Ambulance ternyata dahulunya bukan memakai mobil seperti sekarang ini. Dimana Ksatria yang tergabung dalam Knights of Saint John mewujudkan gagasan pertolongan pertama pada prajurit terluka di dalam peperangan.

Baca Juga: PT Indogas Sukses Abadi Buka Lowongan Kerja, Segera Daftarkan Dirimu

Para prajurit terluka bisa muncul di kedua kubu yang berperang Ksatria dari Knights of Saint John memberikan pertolongan pada kedua pihak berperang. Mereka mengangkut dan merawat prajurit terluka memanfaatkan pasukan pejalan kaki.

Mulai itu muncul istilah ambulans atau Ambulance yang menggunakan serapan kata Bahasa latin, ambulare atau berjalan kaki.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Scorpio Hari Ini, Suasana Rumah Sedang Tidak Kondusif Lakukan Perjalanan Biar Lebih Tenang

Pada tahun 1968, St Vincent’s Hospital di New York City memulai mobile pertama unit perawatan koroner. Ambulare yang berarti berjalan kaki yang pakai untuk merujuk atau bisa dikatakan RS berjalan yang keberadaanya di lapangan atau di luar rumah sakit.

Rumah sakit berjalan ini mulai ada pada abad ke-14 dan mengalami banyak perkembangan sejak abad ke-15 yang dipicu oleh situasi perang. Awalnya ambulans berbentuk gerobak yang ditarik kuda dan membawa peralatan medis seperti bidai, pompa perut, morfin, dan brendi. 

Baca Juga: Berikut ini Cara Bikin Kue Bugis Yang Baik Cocok Untuk Cemilan di Rumah, Simak Selengkapnya

Ambulans digunakan untuk mengangkut tentara yang terluka ke rumah sakit atau membawa ahli bedah ke medan perang demi memberikan perawatan medis.Tahun 1800-an, Ambulans mulai mengalami sejumlah perkembangan hingga seperti sekarang.

Mobil ambulans digunakan mulai awal abad ke-20. Sebelumnya, alat pengangkutan ambulans adalah gerobak yang ditarik kuda. Warna putih pada mobil ambulans memiliki alasan tertentu. Warna putih adalah warna mencolok yang mudah terlihat.

Baca Juga: Kue Putu Ayu Pandan Kukus Manis Gurih Lezat Cek Bahan dan Cara Buatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *