Scroll untuk baca artikel
Batam

Kadiskominfo Kepri Dampingi Menkominfo RI Di Balmon Batam, Bahas Frekuensi Digital Free To Air Kepri

144
×

Kadiskominfo Kepri Dampingi Menkominfo RI Di Balmon Batam, Bahas Frekuensi Digital Free To Air Kepri

Sebarkan artikel ini
Kadiskominfo Kepri Hasan saat mendampingi kunjungan Kerja Menkominfo RI di Balmon Batam, Sabtu (13/1/2024)

HARIANMEMOKEPRI.COM — Menkominfo RI Budi Arie Setiadi mengunjungi Balai Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Batam, Sabtu (13/1/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan dan kinerja Balmon Batam dalam mengawasi dan mengendalikan penggunaan spektrum frekuensi radio di wilayah Kepulauan Riau.

Menkominfo didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kepri, Hasan dan disambut oleh Kepala Balmon Batam, Rosyid Susilo Nugroho dan jajaran staf.

Menkominfo RI Budi Arie Setiadi juga berkesempatan melihat langsung peralatan dan fasilitas yang dimiliki Balmon Batam, serta mendengarkan paparan dari Rosyid tentang tugas dan fungsi Balmon Batam.

Budi Arie Setiadi mengatakan, mengurus frekuensi tidak ada libur, karena kapan pun bisa terjadi sesuatu yang mengganggu frekuensi.

Ia menanyakan apakah ada gangguan sinyal yang dialami oleh masyarakat Kepri, baik untuk telepon seluler, televisi, maupun radio. Budi juga menanyakan apa saja kendala dan tantangan yang dihadapi oleh Balmon Batam dalam menjalankan tugasnya.

“Kepri kan Provinsi Kepulauan, jadi frekuensi yang harus dipantau hendaklah laut, udara, dan darat. Untuk pesawat, kapal, dan kendaraan darat. Contohnya pas pesawat mau mendarat, pilot mau komunikasi ke ATC (Air Traffic Control). Kalau ada gangguan frekuensi, bisa berbahaya,” ujar Menkominfo.

Dirinya juga menanyakan keadaan penerimaan sinyal televisi nasional digital free to air di Kepri, serta keadaan masuknya televisi siaran luar negeri dari Singapura dan Malaysia.

Budi berpesan agar Balmon Batam menjaga kedaulatan negara dalam hal frekuensi, dan melaporkan jika ada hal-hal yang mengganggu negara, terutama konten-konten negatif, baik di televisi, radio, maupun seluler.

Menkominfo RI mengaku setiap kunjungan ke daerah pasti mengunjungi Balmon, karena Budi ingin melihat langsung kondisi dan kinerja Balmon di daerah.

Budi Arie Setiadi mengapresiasi Balmon Batam, menurutnya lebih baik daripada Balmon Surabaya, padahal di sana kelas I.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *