HARIANMEMOKEPRI.COM– Penyakit Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau Flu Singapura biasanya terjadi pada anak-anak dengan gejalanya demam, sakit tenggorokan, dan hilangnya nafsu makan.

dr. Hildegardis Febrina Elanda Liando, Sp.A, menjelaskan bahwa sebenarnya HFMD bisa terjadi pada semua usia. Namun, insiden tertinggi terjadi pada anak-anak berusia di bawah 3 tahun.

Vaksin HFMD diperuntukkan bagi anak usia 6 bulan hingga 3 tahun dan diberikan sebanyak dua kali dengan jarak pemberian selama 1 bulan. Setelah itu, vaksin ini dapat memberikan perlindungan terhadap HFMD seumur hidup. Vaksin HFMD sudah tersedia di Mandaya Royal Hospital Puri dengan harga terjangkau sekitar 1 juta rupiah.

Dalam penjelasannya, dr. Hildegardis menyebutkan bahwa infeksi ini dapat menular melalui kontak dengan pengidap sebelumnya atau barang-barang yang telah terkontaminasi virus HFMD. “HFMD paling sering disebabkan oleh enterovirus 71 (EV71),” paparnya.

Untuk mencegah penyakit ini, vaksin dapat diberikan. dr. Hildegardis menambahkan bahwa vaksin yang saat ini tersedia menunjukkan efektivitas hingga 95% dalam mencegah kasus HFMD yang disebabkan oleh EV71.