HARIANMEMOKEPRI.COM — Direktur Jenderal Imigrasi membuka rangkaian operasi Pengawasan Keimigrasian Jagratara dengan apel pasukan di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali pada Rabu (02/10/2024).

Operasi Jagratara sendiri merupakan operasi pengawasan orang asing yang dilaksanakan secara serentak oleh petugas imigrasi bidang penegakan hukum se-Indonesia.

Dirjen Imigrasi Silmy Karim mengungkapkan Operasi Jagratara kali ini merupakan penutup di tahun 2024. Tahun ini pihaknya sudah menjalankan dua kali operasi pengawasan orang asing serentak se-Indonesia.

Operasi Jagratara lahir dari tantangan yang muncul seiring meningkatnya jumlah orang asing di Indonesia, terutama di sektor pariwisata dan investasi.

“Pengawasan intensif diperlukan untuk menjamin bahwa setiap pendatang mematuhi aturan imigrasi yang berlaku di Indonesia, kita ingin pelintas yang berkualitas,” jelas Silmy Karim di sela-sela pembukaan Operasi Jagratara.

Untuk mempersiapkan operasi tersebut, Direktorat Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian telah memerintahkan kantor imigrasi di seluruh Indonesia.