HARIANMEMOKEPRI.COM — Ribuan mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali haji (UMRAH) Tanjungpinang dengan seksama mendengarkan kuliah umum disampaikan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, di Pelataran Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Maritim, UMRAH Tanjungpinang. Kamis (19/9/2024).

Ansar Ahmad selaku Ketua Umum Dewan Pertimbangan UMRAH menjabarkan kiatnya membangun Kepri, provinsi kepulauan terbesar di Indonesia dengan anggaran yang terbatas, mulai dari tugas mandatory seperti pendidikan dan kesehatan, hingga pembangunan infrastruktur sampai urusan perlindungan masyarakat.

Dalam paparannya, Ansar menekankan bahwa salah satu tugas utama pemerintah adalah memastikan pendidikan yang berkualitas untuk menciptakan generasi penerus yang sukses dan unggul.

“Saya selalu berkeliling ke kampus-kampus dan sekolah-sekolah untuk mengingatkan generasi muda bahwa mereka adalah penentu masa depan Kepri dan bangsa ini,”

“Mereka harus menjadi generasi yang sukses dan unggul, dan itu hanya bisa dicapai melalui pendidikan yang berkualitas,” ujar Gubernur Kepri.

Gubernur Ansar juga memberikan apresiasi kepada seluruh tenaga pendidik, termasuk para dosen di Kepri, atas kontribusi mereka dalam meningkatkan kualitas pendidikan di provinsi ini.

Ia menyebutkan bahwa Kepulauan Riau saat ini berada di peringkat ketiga nasional dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM), setelah DKI Jakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

“IPM ini dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu indeks pendidikan, kesehatan, dan daya beli masyarakat. Oleh karena itu, pendidikan menjadi sangat esensial untuk kemajuan daerah,” tambahnya.