Pendidikan

Lemang Bambu Gurih dan Enak Inilah Bahan dan Cara Membuatnya

81
×

Lemang Bambu Gurih dan Enak Inilah Bahan dan Cara Membuatnya

Sebarkan artikel ini
olahan Lemang yang gurih dan enak

HARIANMEMOKEPRI.COM — Lemang adalah penganan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan daun bambu berisi beras ketan dicampur santan kelapa ini kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu dibakar sampai matang.

Lemang lebih nikmat disantap hangat-hangat. Cara mengonsumsi lemang berbeda-beda dari daerah ke daerah. Ada yang senang menikmatinya dengan cara manis (ditambah selai, kinca, serikaya) atau dengan cara asin (rendang, telur, dan lauk-pauk lainnya).

Lemang dijadikan makanan perayaan oleh suku Dayak yang disajikan pada pesta-pesta adat mereka. Bagi suku Melayu, lemang biasa disantap saat hari raya Idulfitri atau Iduladha. Ulun Lampung di sebelah pesisir menjadi lemang sebagai penganan Lebaran dan kue adat.

Baca Juga: Mie Laksa Kuah Khas Suku Melayu Miliki Cita Rasa Unik Inilah Bahan dan Cara Membuatnya

Olahan Lemang ini sudah jarang dijumpai karena memang butuh keahlian dalam memasaknya. Buat yang penasaran untuk membuatnya sendiri dirumah sebagaimana dikutip harianmemokepri.com di Instagram @makankenyangterus pada 20 Maret 2023.

Bahan pembuatan Lemang :

1. 1 kg beras ketan
2. 1 liter santan
3. sdm garam
4. Buluh bambu secukupnya

Baca Juga: Krecek Olahan Khas Yogyakarta Gurih dan Pedas Cek Bahan serta Cara Buatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *