Kesehatan

7 Dampak Terkena Sinar Ultraviolet Matahari Bagi Kulit Manusia Salah Satunya Penuaan Dini, Ini Penjelasannya

57
×

7 Dampak Terkena Sinar Ultraviolet Matahari Bagi Kulit Manusia Salah Satunya Penuaan Dini, Ini Penjelasannya

Sebarkan artikel ini
cahaya sinar ultraviolet yang menyinari kulit manusia

HARIANMEMOKEPRI.COM — Pada sinar matahari terdapat Sinar Ultraviolet Matahari yang bisa mencukupi vitamin D pada tubuh terutama bermanfaat juga untuk membantu perumbuhan tulang pada anak.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Walaupun Sinar Ultraviolet Matahari tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh dan juga melindungi tulang tetap sehat dan kuat seiring bertambahnya usia. Tapi Sinar Ultraviolet Matahari ternyata bisa memicu masalah kesehatan terutama pada kulit.

BACA JUGA  Bahaya Radiasi Pada Mata

Berikut ini bahaya Sinar Ultraviolet Matahari pada kulit,dampaknya dapat berupa:

Baca Juga: Dua Pelaku Pencurian Gudang diamankan Reskrim Tanjungpinang Timur dan Jatanras Polresta Pada Lokasi Berbeda

1. Penuaan dini
Dampak penuaan dini pada kulit merupakan dampak yang terjadi ketika kulit terlalu lama terpapar Sinar Ultraviolet Matahari. Paparan Sinar Ultraviolet Matahari dalam jangka panjang dapat menyebabkan, kulit jadi keriput, kendur, dan pori-pori membesar.

BACA JUGA  Ciki Ngebul Bisa Membahayakan Anak Anak

2. Risiko kanker kulit
Efek jangka panjang lainnya adalah peningkatan risiko kanker kulit. Paparan Sinar Ultraviolet Matahari berlebihan berpotensi menyebabkan materi genetik pada sel kulit. Akibatnya, pertumbuhan sel itu jadi tak terkendali dan menyebabkan terbentuknya kanker.

3. Kulit terbakar
Bahaya lainnya, yakni kulit terbakar. Kondisi ini dikenal dengan istilah sunburn. Warna kulit pada masalah ini akan tampak kemerahan, bahkan kecoklatan. Tak hanya itu, kulit jadi terasa perih saat tersentuh. Hal itu berpotensi memicu reaksi inflamasi yang juga menjadi risiko kanker dan penuaan dini pada kulit.

BACA JUGA  Mengenal XBB.1.5 Subvarian Omicron

Baca Juga: Manchester United Menjamu Real Betis Malam Ini Pada Leg Pertama 16 besar Liga Europa di Old Trafford

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan

Menurut laporan dari Cleveland Clinic, tidak ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ginjal kronis, namun ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk menjaga agar ginjal tetap berfungsi dalam jangka waktu yang lebih lama. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan ketika fungsi ginjal menurun: