Religi

Halal Bi Halal PC GP Ansor Tanjungpinang: Memperkokoh Kebersamaan

104
×

Halal Bi Halal PC GP Ansor Tanjungpinang: Memperkokoh Kebersamaan

Sebarkan artikel ini
Halal bi Halal PC GP Ansor Tanjungpinang pada Rabu (17/4/2024) malam di Gedung Graha NU Tanjungpinang.

HARIANMEMOKEPRI.COM — Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Tanjungpinang (PC GP Ansor) menggelar Halal bi Halal di Gedung Graha NU Jalan Bandara Km 12 Tanjungpinang, Rabu (17/4/2024) malam.

Halal bi Halal ini bersempena dalam suasana idul Fitri 1445 H, untuk saling bermanfaan kepada sesama serta memulai kehidupan yang fitri, tampak acara Halal bi Halal juga diikuti Pemuda Katolik

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua I PC NU Tanjungpinang Ustad Fadholi Farhan mengisi tausiyah agama menyampaikan Halal bi Halal bagi warga Nahdliyyin adalah pertama merawat tradisi yang telah di rintis oleh para pendahulu.

Khususnya KH Wahab Hasbullah yang menginisiasi acara Halal bi Halal pasca idul fitri atas permintaan dari presiden Soekarno di tahun 1948

Pada saat itu presiden Soekarno kebingungan dengan munculnya perseteruan dan konflik diantara para elit politik padahal negeri ini baru saja di merdekakan.

“Maka bagi warga Nahdliyyin melaksanakan Halal bi Halal adalah wujud sesuatu yang telah di canangkan oleh pendahulunya,” ujarnya.

Yang ke dua, lanjut Ustad Fadholi, dalam Halal bi Halal ada dimensi hubungan sesama manusia karena setelah melakukan ibadah di bulan Ramadhan baik shiyam, qiyam, tilawah atau ibadah lainnya.

“Apabila Allah terima maka kita telah berupaya memperbaiki hubungan dengan Allah tinggal pasca Ramadhan kita periksa kembali hubungan kita dengan sesama manusia dan sesama makhluk Allah,” ucap Fadholi.

Sebagaimana di sampaikan oleh Syaikh Nawawi Al Bantani dalam Nashaikhul ibad, Ustad Fadholi menyampaikan dari setiap perintah Allah muaranya adalah bagaimana sanggup mengagungkan Allah dan berkasih sayang dengan sesama makhluk Allah.

“Maka setelah kita melakukan berbagai ritual ibadah di bulan Ramadhan harus menghasilkan dua perkara ini,” tuturnya.

Sementara itu Ketua PC GP Ansor Tanjungpinang Ramdhan Khalili menyampaikan tujuan diadakan Halal bi Halal ini untuk memperkuat hubungan silaturahmi.

“Kami PC GP Ansor dan Satkorcab Banser Tanjungpinang adalah sebagai fasilitator mungkin ada di antara warga Nahdliyyin belum sempat bersilaturahim berkunjung ke warga atau kaum kerabat lainnya,”

“Maka mudah-mudahan dengan adanya kegiatan malam hari ini bisa mewakili hajat yang tertunda sebelumnya untuk bertemu teman kerabat atau saudara,” ungkap Ramdhan.

Ramdhan mengajak kepada seluruh warga Nahdliyyin untuk membangun kembali perkuat kebersamaan diantara Banom NU dan warga Nahdliyyin Tanjungpinang khusunya

“Dan pada umumnya bagi warga Tanjungpinang agar lebih memperkuat ukhuwah basyariyah dan ukhuwah wathaniyah,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *